Sudah Sukses Menjadi Bagian Di Padi Umkm? Atur Cashflow Umkm Dengan Cara Ini Yuk

  • Whatsapp

Persiapan menghadapi 2021 tentunya sudah Anda masukkan dalam list dan mungkin bergabung di PaDi UMKM yaitu platform digital pengadaan barang BUMN ini sudah menjadi target terbesar Anda untuk UMKM yang sedang dikelola. Kepastian pembelian di dalam platform digital pengadaan barang BUMN ini menjadi suatu solusi UMKM Anda mendapatkan kemajuan dalam pemasukan serta pengelolaan keuangan yang memadai. Tingginya dorongan yang terjadi semenjak Pandemi COVID-19 berlangsung di Indonesia dari 2019 hingga sekarang ini, menjadi sebuah kendala dalam memajukan perekonomian lewat UMKM yang sedang dikelola. Untuk itu platform digital pengadaan barang BUMN ini hadir sejak Agustus 2020 lalu dan ingin membuktikan eksistensinya untuk menjadikan UMKM G Digital di masa sekarang dan yang akan datang.

Read More

Tetapi apakah Anda sebagai pengusaha UMKM mengetahui bahwa mengatur cashflow dalam setiap transaksi begitu penting? Terutama ketika Anda sudah berhasil terhubung dengan platform digital pengadaan barang BUMN ini. Dikutip dari exabytescom, berikut terdapat beberapa tips seputar mengatur cashflow yang wajib disimak.

Tips pertama ketika Anda ingin mengatur cashflow saat sudah bergabung dengan platform digital pengadaan barang BUMN ini adalah Buat Perencanaan Keuangan dengan Tepat, Sebagai pebisnis, kamu harus membuat susunan perencanaan keuangan yang baik sebelum menjalankan bisnismu agar cashflow mu tetap terkontrol dan usahamu dapat berkembang dengan cepat. Pertama-tama pastikan kamu memiliki modal yang cukup untuk mengembangkan bisnismu, kemudian pastikan kamu mengalokasikan dana dengan efektif seperti operasional, gaji karyawan, biaya produksi dan lain-lain. Nah, tugas kamu pastikan kamu menghitung dana yang telah kamu alokasikan dengan tepat agar tidak merusak perencanaan keuangan mu yaaa. Kamu juga dapat mencoba aplikasi laporan keuangan instan dan real time, Jurnal.id agar kamu dapat mengelola laporan keuangan perusahaan lebih mudah dan fokus dalam mengembangkan bisnis.

Langkah kedua ketika Anda ingin mengatur cashflow saat sudah bergabung dengan platform digital pengadaan barang BUMN ini adalah Pastikan Cash In Lebih Besar Daripada Cash Out, Lakukan pengawasan ketat mengenai jumlah cash yang masuk dari modal dan keuntungan maupun cash yang keluar untuk keperluan pembelian barang/investasi/budget gaji karyawan/budget iklan atau keperluan yang lainnya. Pastikan jumlah cash out tidak lebih besar dari cash in karena usaha kamu pasti akan mengalami kerugian. Kamu juga dapat membuat budgeting sheet di aplikasi Jurnal untuk me-list down pengeluaran dan pemasukan, dan dapat memilih apa yang menjadi prioritas untuk dibeli terlebih dahulu agar kondisi cash flow tetap terkontrol dengan baik.

Langkah terakhir pastikan Alokasikan Keuntungan dengan Baik, Keuntungan dari bisnis yang Kamu dapatkan tentunya tidak dapat kamu miliki 100%, Kamu masih harus memutar dana tersebut untuk memenuhi berbagai kebutuhan operasional, gaji karyawan, modal promosi, dll. Sebagai contoh, dari 100% keuntungan yang didapat, 20% untuk ditabung atau diinvestasikan, 20% biaya cadangan jika sewaktu-waktu dibutuhkan dan 60% lagi untuk biaya operasional.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *