Mengenal 3 Jenis Rayap Sesuai Habitatnya

  • Whatsapp

Rayap merupakan serangga yang dapat menyerang berbagai material baik kertas, kayu, bahkan menembus tembok. Rayap sebenarnya memiliki peran sebagai dekomposer atau pengurai. Tetapi, apabila rayap masuk ke dalam rumah, serangga ini tentu merugikan dan dapat berbahaya bagi Anda, terutama apabila rayap menyerang langit-langit. Untuk membasminya, Anda dapat menggunakan jasa anti rayap profesional, menggunakan material kayu berkualitas, dan menjaga kebersihan rumah.

Read More

Jenis Rayap dan Habitatnya

Rayap merupakan binatang sosial yang hidup berkelompok seperti koloni semut. Rayap juga memiliki ratu dan raja sebagai pemimpin dengan ukuran yang lebih besar dari rayap pekerja dan rayap prajurit.

Apabila Anda melihat jalur yang dibentuk oleh rayap, maka itu adalah hasil dari rayap pekerja. Rayap ini bertugas untuk menggali, membangun jalur dan terowongan serta bertugas untuk mencari makan.

Rayap prajurit memiliki rahang yang besar dan memiliki cairan pelindung diri untuk disemprotkan apabila ada predator di dekat koloni mereka. Predator bagi rayap adalah koloni semut.

Rayap ratu dan raja yang memiliki sayap dikenal sebagai laron oleh sebagian orang. Rayap bersayap ini memiliki tugas untuk mencari tempat untuk sarang baru bagi koloninya.

Secara umum, rayap terbagi menjadi tiga berdasarkan habitatnya serta tempat serangga ini bersarang.

1. Rayap Kayu Basah

Rayap jenis ini dapat ditemukan dengan mudah pada kayu-kayu yang memiliki tingkat kelembaban tinggi atau kayu dengan keadaan basah. Pohon yang tidak kokoh dan kuat dan dekat dengan tempat yang basah seperti sungai dapat mudah terserang rayap jenis ini.

Rayap kayu basah juga sering ditemui di rumah. Serangga ini mudah ditemukan di tempat dengan material kayu yang sering terpapar air atau uap air. Salah satunya adalah langit-langit rumah yang bocor. Selain itu, meletakkan kayu di tanah yang subur juga dapat memicu adanya rayap ini.

2. Rayap Kayu Kering

Apabila Anda memiliki material kayu yang cukup kering tetapi tetap terkena rayap, maka bisa jadi itu adalah jenis rayap kayu kering. Salah satu sebabnya adalah material kayu yang tidak baik meskipun kayu tidak banyak terkena air. Berbeda dengan rayap yang lainnya, serangga ini hanya berkelompok dengan koloni kecil.

Rayap kayu tidak terlihat sebelum menimbulkan kerusakan yang fatal pada perabotan Anda. Karena hal ini, Anda sebaiknya tetap memantau tempat-tempat yang memungkinkan adanya rayap dan melakukan pemeriksaan dengan jasa anti rayap secara berkala.

3. Rayap Tanah

Rayap tanah merupakan salah satu jenis rayap yang umum ada di lingkungan Anda. Tanah-tanah yang digunakan sebagai tempat berkembang biak adalah tanah yang lembap dan cenderung basah. Rayap ini berkembang biak secara cepat pada saat musim hujan. Pada saat musim kemarau, rayap tanah akan menggali lubang di tanah lebih dalam untuk mencari kelembaban.

Rayap dapat menyebabkan kerusakan permanen pada benda-benda kayu. Rawatlah rumah Anda dengan jasa anti rayap secara berkala agar rumah tetap kokoh dan tahan lama.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *