3 Jenis Thermal Transfer Ribbon

  • Whatsapp

Thermal Transfer Ribbon atau disebut juga dengan Ribbon Barcode adalah sebuah film atau pita tipis yang dililitkan pada gulungan yang mempunyai lapisan hitam khusus pada satu sisi. Lapisan ini umumnya terbuat dari material formulasi lilin atau resin. Thermal Transfer Ribbon terdiri dari 3 jenis, yaitu Ribbon Wax, Ribbon Resin, dan Ribbon Wax Resin.

Read More

Masing–masing dari ketiga jenis pita thermal transfer ribbon tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan serta digunakan untuk kebutuhan yang berbeda-beda. Untuk lebih jelasnya mari simak ulasannya di bawah ini.

3 Jenis Thermal Transfer Ribbon

Inilah 3 Jenis Thermal Transfer Ribbon dengan kelebihan, kekurangan dan penggunaannya masing-masing.

1. Ribbon Wax

Jenis transfer thermal ribbon yang satu ini dilapisi dengan tinta berbasis lilin, dan memerlukan suhu yang tidak terlalu panas untuk proses pencetakan. Jenis pita transfer thermal ini yang paling umum dan direkomendasikan penggunaannya, baik untuk stok kertas yang dilapisi dan yang tidak dilapisi.

Thermal transfer ribbon ini memiliki kelebihan yaitu hasil cetak yang tahan lama, serta memiliki harga yang murah bila dibandingkan dengan jenis thermal ribbon lainnya. Jenis ini cocok digunakan untuk pembuatan label pada ritel, gudang, rak dan pelayaran.

2. Ribbon Resin

Jenis thermal transfer ribbon selanjutnya adalah Ribbon Resin yang terbuat dari resin murni. Ribbon ini meleleh pada suhu tinggi serta akan menyatu dalam bahan yang sedang dicetaknya, sehingga memiliki daya tahan yang lama.

Jenis pita thermal transfer yang satu ini memang memiliki daya tahan yang paling lama bila dibandingkan dengan jenis thermal transfer lainnya. Karena itulah harganya pun paling mahal. Jenis pita ini biasa digunakan pada non kertas atau stok sintetis. Baik digunakan untuk pembuatan label bahan kimia atau obat-obatan, label otomotif, dan label garmen atau tekstil.

3. Ribbon Wax Resin

Ribbon Wax Resin merupakan kombinasi antara pita transfer thermal yang berbasis lilin dengan transfer thermal resin, sehingga mempunyai suhu leleh perpaduan antara ribbon wax dengan ribbon resin. Dengan hasil cetaknya yang menciptakan gambar sangat tajam dan jernih pada berbagai jenis material.

Jenis pita ini baik digunakan untuk label standar yang tahan cuaca. Sementara untuk area yang dicetak memliki ketebalan lebih dibanding ribbon wax biasa. Lebih tahan terhadap goresan, kelembaban serta perubahan suhu. Untuk harganya tergolong menengah dalam arti tidak murah dan tidak juga mahal. Jenis thermal transfer ribbon ini baik digunakan untuk pembuatan label rak, label kode barkode pengiriman, serta label untuk resep obat.

Nah, itulah tadi 3 jenis thermal transfer ribbon untuk penggunaan label yang mungkin kamu tidak ketahui. Semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *